Minggu, 27 Maret 2011

APA ITU BRATISLAVA???

Bratislava (baca: Bracislava)?  Saya belum pernah mendengar nama itu sebelumnya.  Sampai kami (saya dan istri) mengunjungi teman kami di Wien, dua minggu lalu.  Pada saat makan malam di restoran China, teman kami menyarankan untukmengunjungi Bratislava di hari minggu. Lalu kami bertanya apa itu Bratislava.  Ternyata Bratislava adalah capitol dari Republik Slovakia, pecahan Chekoslovakia.  Hmmm, saran yang menarik.  Why not to see Bratislava.  Dekat dengan Wien, cuma 1 jam perjalanan dengan kereta api dengan ongkos yang murah, cuma 14 euro!
Akhirnya, kami berangkat ke Bratislava juga dengan menggunakan kereta dari Wien. Perjalanan cuma 1 jam dengan kecepatan kereta yang tidak bisa dibilang cepat untuk ukuran kota-kota di Eropa.  Sesampai distasiun kereta Bratislava, saya agak merinding juga.  Stasiunnya tua. Beda sekali dengan kota-kota lain di Eropa.  Mungkin karena Bratislava dulunya adalah negara komunis. Menurut sejarah, Slovakia baru menjadi republik sejak 1993.  Dari stasiun Bratislava, kemudian kami jalan kaki ke arah kiri stasiun dimana terdapat stasiun trem.  Sekali lagi, stasiun trem yang tua.  Namun terawat dan on time.  Kami ambil trem no 13 jurusan kota dan berhenti di Main Square (.  Oya, tiket kereta 14 euro yang saya beli adalah tiket kereta pulang pergi Wien - Bratislava dan termasuk tiket semua transportasi dalam kota Bratislava (bis atau trem dalam kota).
13012176492113187064Pusat kota Bratislava hari itu sangat ramai.  Banyak rombongan turis yang mengunjungi kota itu. Karena tanpa persiapan, akhirnya kami putuskan untuk mengikuti rombongan turis yang ada.  Dan sampailah kami ke Michaels Gate, sebuah gate yang menghubungkan kota lama dengan kota baru. Gate ini didirikan tahun 1300 dan direkonstruksi tahun 1758. Gate ini dilengkapi dengan bridge kecil yang indah. Di lantai gate ini ada kompas yang menunjukkan arah mata angin dan didekat kompas tersebut disebutkan beberapa nama kota besar didunia beserta jarak dan arahnya terhadap Bratislava. Dan saya melihat kota Jakarta disebutkan disitu.  Ternyata Jakarta Bratislava berjarak 10.491 km.  Tidak jauh dari Michael’s Gate, terdapat banyak restoran dan toko souvenir.  Ada satu toko souvenir dengan baliho besar: I love Bratislava. Eye catching. Wow!13012177991995048215
13012177191976111596Dari Michael’s Gate, kami melanjutkan melihat taman kota Bratislava. Indah dan bersih. Semua sudut taman terlihat bersih meskipun banyak pengunjung. Beberapa petugas kebersihan terlihat sedang membersihkan jalan meskipun di hari minggu. Kami juga sempat berkeliling sekitar taman dan berpose di beberapa sculpture terkenal di Bratislava seperti Schoner Naci dan Napoleons Soldiers. Tak lupa pula kami ke Danube River (Sungai Donau), sungai terpanjang kedua di Eropa yang melintasi Jerman, Austria, Slovakia, Hungaria dan beberapa negara lainnya. Dari pinggir sungai Donau, terlihat landmark modern kota Bratislava, Novy Most yang berdiri di atas jembatan dengan UFO restoran di atasnya.
Setelah itu kami pergi melihat Bratislava Castle yang juga tidak jauh dari Main Square.  Dengan jalan kaki kami mencapai Bratislava castle dalam 15 menit yang berada di puncak bukit. Di dalam komplek castle ini terdapat kantor, taman bermain untuk anak-anak dan restoran. Sayangnya kami tidak bisa masuk ke dalam castle karena angin bertiup sangat kencang hari itu.  Karena cuaca kurang menguntungkan tersebut kami memutuskan untuk kembali ke Wien. Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar ada disini,,,,