Selasa, 29 Maret 2011

MENGHARUKAN gan,,,,,

Satu semester yang lalu, saya mempelajari sebuah topik yang berjudul Conducive Regulatory Framework yang diajarkan oleh Pak Mustapha Hamat. 

Pada topik tersebut, Pak Mus menerangkan tentang etika2 yang baik dalam bisnis dan perdagangan. Etika yang pertama adalah sikap waspada terhadap pekerjaan dan harta benda yang meragukan. Kita dituntut untuk berwaspada akan pekerjaan yang kita lakukan, apakah produknya, prosesnya, servicenya halal atau tidak. Atau dalam pencarian rezeki itu, apakah kita berbuat curang atau menzalimi orang lain apa tidak.

Kalau kita ingin menjalani business yang Shariah Compliance, yang bermaksud apa saja aktifitas yang kita lakukan tidak bertentangan dengan Al-Qur’an dan Sunnah, maka hal ini penting untuk diperhatikan. Apa aja sih aktifitas atau produk yang tidak bertentangan dengan Al-Qur’an dan Sunnah? Selain merujuk ke Al-Qur’an dan Sunnah itu sendiri, metode Shariah screening Process yang dilakukan oleh Security Commission juga bisa dijadikan rujukan.

Sebenarnya yang sangat ingin saya bahas adalah etika business yang ke-dua yaitu melakukan bisnis pada pagi hari (doing business in the early morning). Ketika Pak Mus menerangkan hal tersebut atau ketika saya prepare untuk ujian, yah.. paling saya cuma ‘menghafal’, ‘etika bisnis yang baik yang kedua adalah melakukan bisnis pada pagi hari.

Setelah saya membaca sebuah buku inspirasi yang berjudul ‘Life is an open secret’ karangan Zabrina A. Bakar (Graduated from BBA and MBA IIUM), saya baru tau ternyata melakukan bisnis di pagi hari itu adalah kunci sukses bisnisnya seseorang. Kenapa bisa jadi kunci sukses?
Ceritanya begini, sekita 1427 tahun yang lalu, Rasulullah SAW mendoakan kita, yang berbunyi..

(maaf yah, pake bahasa inggris aja. Kalo diterjemahin ke bahasa Indonesia dan terjemahannya ga pas, jadinya ga seru. Namanya juga ngutip dari buku..)
Sakhr al-Ghamidi narrated that the Prophet (peace be upon him) said : “O, Allah, bless my people in their early mornings, “When we sent out a detachment or an army, he sent them at the beginning of the day. Sakhr was a merchant, and he would send off his merchandise at the beginning of the day; and he became rich and had much wealth
 
(At- Tirmidhi and Ahmad)
Sekarang kamu yakin ga ya.. Atau masih ragu2, kalau lebih dari 1000 tahun yang lalu, Rasulullah telah mendoakan kita, supaya kita menjadi orang-orang yang diberkahi pada pagi hari! Maksudnya apa? Pekerjaan yang kita lakukan pada pagi hari adalah pekerjaan yang diberkahi, sesuai dengan do’anya Rasulullah. 

Hm, aku mulai berfikir, ternyata salah satu kunci sukses adalah itu. Padahal sebelumnya ngga ada tuh buku-buku inspirasi ataupun business book yang mengajarkan tentang hal ini (Zabrina A. Bakar,2007).

Sungguh agung pribadi Rasulullah, dan sungguh mulia beliau,. Beliau yang telah mendoakan dan menginspirasikan kita untuk bersemangat melakukan pekerjaan semenjak pagi hari.
Hm, aku tau sekarang apa yang harus aku lakukan. Insha Allah sedaya upayaku, aku maksimalkan waktu pagi yang Allah anugrahkan kepadaku. Mungkin memang inilah kunci sukses yang aku tunggu2.

Aku berharap sebelum waktu subuh aku sudah beraktifitas, dan merangkai asaku. Semoga Allah Swt. Memudahkan langkahku untuk mencapai sukses.
Bagaimana dengan anda?
Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan komentar ada disini,,,,